Rabu, 23 Desember 2015

Pantai Pringjono Surga Tersembunyi Di Sisi Selatan Pulau Jawa

Setelah seminggu menjalani rutinitas sekolah, kuliah, ngantor atau kuliah sambil ngantor tentunya kamu perlu ganti pasangan suasana kan. biar hidupmu tetap seimbang antara kerja dan liburan. Berwisata ke pantai adalah salah satu caramu untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas lewat cara yang mudah dan murah.
Nah, kebetulan trip Garukpala Adventure kali ini ke pantai yaitu pantai pringjono.
Hamparan batu akik yang ada di pantai pringjono
Pantai Pringjono, surga tersembunyi di sisi selatan pulau jawa adalah salah satu pantai eksotis yang berada di desa kanigoro, kecamatan saptosari gunungkidul dengan koordinat klik disini . Selain mempunyai pemandangan yang sangat indah pantai ini juga dikelilingi tebing yang tingi jadi misalnya mau ngecamp di pantai pringjono tidak perlu khawatir misalnya ada badai, karena ada bebatuan kokoh yang akan melindungi tenda kita dari hantaman badai. walaupun pantai pringjono belum banyak di kunjungi para wisatawan tapi pantai pringjono akan selalu memberikan beribu kesan yang luar biasa, yang tentunya tak akan bisa dilupakan.
Pantai pringjono ini sangat dekat dengan pantai ngrenehan yang terkenal dengan hasil lautnya yang sangat melimpah, jadi misalnya mau camping di pantai pringjono kalian bisa membeli ikan segar dulu di pantai ngrenehan untuk sajian di camping kalian. terbayang kan betapa indahnya camping di hamparan indahnya pasir putih di bawah ribuan bintang (kalau enggak hujan) di temani desir pantai laut serta semilir angin laut. berasa seperti di surga kan, jadi ciptakan surga kalian sendiri dengan datang ke pantai pringjono ini.
Pantai Pringjono sangat indah dari sisi manapun apalagi saat cuaca cerah dan untuk sampai ke pantai pringjono saya menuju pantai nguyahan dulu untuk menitipkan motor, di pantai nguyahan banyak tempat parkir 24 jam kok, jadi jangan khawatir tentang keamannya.
Perjalanan dari jogja ke pantai nguyahan ditempuh dalam waktu 1 jam  40 menit, setelah menitipkan Ipul (motor kesayangan) saya mencari informasi jalan menuju pantai pringjono, kebetulan hari itu kondisi pantai airnya sedang surut jadi bapak yang jaga parkiran menyarankan saya melewati jalan pintas yaitu dengan menyusuri pantai nguyahan, ''nanti kalau sampai ujung pantai nguyahan kan ada jalan setapak yang naik ke bukit nanti ngikuti jalan itu saja, misalnya sudah sampai kandang sapi berarti kamu sudah deket dengan pantai pringjono karena pantainya cuma di bawah bukit yang ada kandang sapinya itu'', lanjut bapak penjaga parkiran.
Bocahe Garukpala
Pantai Nguyahan
Karena takut keburu siang saya langsung bergegas memulai perjalanan ke pantai pringjono, saat itu matahari sudah mulai meninggi dan saya mempercepat langkah kaki saya. pertama saya melewati hamparan pasir pantai nguyahan, setelah sampai ujung pantai ada jalan setapak yang naik ke bukit, dari sini saya masuk kedalam sela-sela pohon pandan yang sangat rimbun. kurang lebih 20 menit saya sampai di lokasi kandang sapi yang bapak penjaga parkiran tadi bilang. ''Berarti saya gak salah jalan, dan sudah dekat dengan pantai pringjono.'' kataku dalam hati, ternyata benar setelah 10 menit menuruni bukit hamparan pasir putih pantai pringjono menyambut saya.
hamparan pohon pandan di ujung pantai nguyahan
pemandangan pantai nguyahan dari bukit pringjono
kandang sapi legendaris
pemandangan pantai pringjono dari bukit
jalan masuk pantai pringjono
Sesampainya di pantai pringjono saya beristirahat sambil mendengarkan mp3 lewat headset kesayangan dan membuka bekal berupa pacar snack dan soft drink yang saya siapkan tadi pagi. sesudah istirahat saya mengabadikan momen istimewa di pantai pringjono, jepret sana jepret sini layaknya photographer leda-lede.
Ngadem
Seniman garis keras
pasang hammock tapi kesiangan
Bebatuan di sisi timur pantai pringjono

Karena asik menikmati keindahan pantai pringjono tidak terasa hari sudah sore, karena saat itu cuaca mulai mendung saya memutuskan untuk pulang, sebenarnya saya ingin sekalian menikmati keindahan sunset di pantai pringjono tapi karena cuaca yang tidak mendukung saya putuskan untuk melakukanya di lain waktu.
O iya, karena pantai ini masih sangat alami jangan membuang sampah sembarangan ya bro. inget pepatah Garukpala jangan membunuh sesuatu kecuali waktu, jangan mengambil sesuatu kecuali gambar apalagi bini orang  dan jangan meninggalkan sesuatu kecuali mantan jejak.
Untuk menikmati pantai pringjono sangat mudah bukan, kamu tinggal berkendara beberapa jam untuk bisa menikmatinya, apalagi harga tiket masuknya juga murah. Hanya dengan beberapa ribu rupiah ditambah uang bensin, kamu sudah bisa menikmati liburan yang sanggup membuat penatmu hilang. Saat kembali ke kota lagi,otakmu sudah jauh lebih segar dan lebih siap menyambut hari.
Fokus pada pekerjaan memang bukan hal yang keliru. Tapi akan lebih bijak kalau sesekali meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri. Kalau berpikir traveling bisa dilakukan nanti ketika sudah lebih mapan dan punya waktu luang, jangan salahkan orang lain ketika tahu-tahu masa muda habis begitu saja. Justru selagi masih mudalah, selagi tenaga masih utuh, seharusnya bisa menemukan pengalaman-pengalaman baru yang menambah wawasan dan membentuk pola pikir yang lebih baik.

Untuk video pantai pringjono bisa di lihat di Pantai Pringjono Jogja
Sekian catatan perjalanan saya di pantai pringjono.
Semoga bermanfaat, sampai ketemu di trip selanjutnya ...