Jumat, 11 Desember 2015

Solo Hiking Pantai Kayu arum

Traveling akhir-akhir ini bukan sekedar kegiatan untuk melepas penat atau semacamnya tapi sudah menjadi hobi untuk berbagai kalangan. Nah, bagi pecinta traveling kali ini saya akan berbagi cerita tentang trip saya ke Pantai kayu arum kemarin yang mungkin bisa jadi referensi untuk tujuan blusukan kalian.
pantai kayu arum
Pantai kayu arum adalah salah satu pantai eksotis yang berada di desa kanigoro, kecamatan saptosari, gunungkidul dengan koordinat -8.129525, 110.534243 .mungkin pantai ini masih terasa asing di telinga para blusukers, karena selain akses jalan yang belum memadai, pantai ini juga belum banyak di ekspose para selfie mania.
Pagi itu setelah menunaikan sholah subuh dengan ditemani si Ipul (motor kesayangan) saya langsung menuju pantai ngrenehan, karena sepanjang perjalanan masih sepi waktu yang di tempuh dari jogja-pantai ngrenehan cuma 1jam 15 menit. sesampainya di pertigaan ngrenehan saya belok kiri, setelah kurang lebih perjalanan 1 KM yang sangat Krispi nanti ada pertigaan lagi terus ambil kanan, 700 M kemudian bertemu pertigaan ambil kiri. nah si Ipul saya parkir di ujung jalan ini.
pertigaan pantai ngrenehan (belok kiri)
pertigaan kedua setelah pantai ngrenehan (belok kanan)
jika sampai di jalan ini berarti kalian tidak salah arah ...
pertigaan ketiga setelah pantai ngrenehan (belok kiri)
tempat parkir kendaraan
Karena di trip kali ini saya cuma sendirian, saya putuskan menikmati trip ini senikmat mungkin. di tempat Ipul parkir saya istirahat sebentar sambil mendengarkan mp3 lewat headset kesayangan dan membuka bekal berupa snack dan soft drink. tak lama kemudian ada beberapa petani sekitar lewat dan untuk memastikan bahwa arah saya sudah benar saya bertanya kepada beliau, ternyata pantai kayu arum sudah tidak jauh lagi. wah saya jadi semakin bersemangat, ''akhirnya sebentar lagi sampai'' kataku dalam hati.
Dengan pemandangan sekitar berupa ladang yang hijau trek menuju pantai kayu arum berupa bebatuan yang juga biasa di gunakan para penduduk sekitar untuk pergi ke ladang. setelah kurang lebih 40 menit berjalan melewati ladang akhirnya saya sampai di pantai kayu arum.
ladang di sekitar pantai kayu arum
Sesampainya di bibir pantai saya mendirikan tenda di sisi timur pantai, tapi karena pantai kayu arum ini langsung berhadapan dengan laut selatan yang mempunyai ombak tidak beraturan jadi saya sarankan misalnya bermalam di pantai kayu arum lebih baik mendirikan tenda di rerumputan sebelah utara pantai. tidak lucu bukan misalnya bangun tidur bukan golden sunrise yang di dapat tapi malah air di dalam tenda yang setinggi leher.
sekali-kali bangun tidur yang dilihat pantai, bukan kenangan mantan. hahaha
Selesai mendirikan tenda saya masak air untuk membuat kopi, setelah membuat kopi saya mengabadikan momen-momen di pantai kayu arum ini. jepret sana jepret sini bergaya layaknya photographer amatir.
sesampainya di ujung utara pantai ternyata di pantai kayu arum ada sumber airnya, jadi buat kalian yang ingin berlama-lama ngecamp di pantai kayu arum jangan khawatir tentang persediaan air. istimewa bukan ..
pemandangan disisi timur pantai kayu arum
pemandangan sisi tenggara pantai kayu arum
pemandangan sisi barat pantai kayu arum
pemandangan tetangganya mbak arum
mata air di area pantai kayu arum
Jam 11 siang karena matahari semakin terik saya beristirahat di goa sebelah timur sambil mendengarkan mp3 lewat headset kesayangan ditemani snack dan soft drink. ternyata traveling sendirian itu sensasinya luar biasa, saya bisa merasakan yang namanya bebas benar-benar sebebas-bebasnya. jadi jangan takut untuk traveling sendirian gak usah peduli kalau ada yang menganggap aneh, kaum jomblo, gak punya temen, dan bla bla bla. biarkan mereka beranggapan apa saja karena cara menikmati hidup itu berbeda-beda. lagian traveling itu kalau tida punya kewajiban menjaga perasaan siapapun bisa membuatmu menjalani perjalanan dengan lebih santai.
Sebenarnya di pantai kayu arum ada beberapa spot untuk Rock Fishing tapi sayang saya tidak membawa perlengkapan mancing, padahal informasi dari teman saya di pantai kayu arum ini banyak ikan yang berhasil landed, seperti ikan GT, kampur, kerapu, kakap, kakap yang mirip kerapu, kerapu yang mirip kakap DLL.

salah satu spot rock fishing
Tidak terasa sudah jam 2 siang, saya mempersiapkan peralatan masak untuk makan siang tapi karena di dalam tenda suhunya lumayan panas saya memasak di dalam goa.
bukan manusia goa
Rencana awal ingin pulang setelah menikmati sunset di pantai kayu arum tapi karena cuaca yang tidak memungkinkan jam 5 sore saya pulang ke jogja.
ciee pesan moral ....
bersiap pulang
Untuk video Pantai kayu arum bisa di lihat di Solo Hiking Pantai Kayu arum
Sekian catatan perjalanan saya kemarin di pantai kayu arum kemarin.
Semoga bermanfaat, sampai ketemu di trip selanjutnya ...