Selasa, 10 Maret 2015

Ke gunung andong yuk ...

Sore itu aku, ifa, varida dan bang izzun menuju condong catur, kita ke kosan bang izzun dulu (tempat yang sudah ditentukan buat ngumpul). Ternyata disana  sudah ditunggu bang gilang (pendaki senior bro ...).
Setelah selesai prepare tepatnya jam 15:00 kita berlima langsung memulai perjalanan.
Dengan formasi 1-2-2 bang izzun dan varida ada didepan, karena aku dan ifa belum tau jalan kami berada ditengah dan bang gilang sendirian dibelakang. hehehe semangat bang ...
Perjalanan mengambil rute Jogja-Magelang – Kopeng – Pasar Ngablak – Grabak -Gunung Andong .

Jogja-Magelang lancar walaupun jalan di guyur hujan deras.
setelah masuk jalur kopeng jalanan mulai banyak tikungan dan tanjakan dan sesampainya di pasar ngablak udara sudah sangat dingin.
Akhirnya setelah 2 jam perjalanan sampai juga di Basecamp Pendakian Gunung Andong .

Basecamp Pendakian Gunung Andong
Sambil nunggu maghrib ,kami istirahat sambil pesan makan dan minum ...

Selesai prepare senter/headlamp, mantel dan peralatan lainya ,kami berlima berdoa sebelum perjalan dimulai.
Dan lereng gunung andongpun menyambut kami ..

Bismilllah … Perjalananpun dimulai.
Kami memulai perjalanan dengan posisi bang gilang paling depan ,disusul iva ,aku varida dan paling belakang bang izzun .

Track awal pendakian adalah melewati perkebunan warga kiri-kanan dengan kondisi jalanan beton. 5-10 menit berikutnya barulah sampai ketitik awal track Andong yang sesungguhnya. Tidak tanggung-tanggung , tanjakan segera menanti didepan.
Dengan ketinggian yang tidak sampai 2.000 mdpl, menuju puncak Andong hanya dibutuhkan waktu 1–2 jam pendakian tergantung dengan tenaga pada saat mulai naik. Jangan bayangkan dengan waktu singkat tersebut akan ditemui bonus karena track Andong 99% berbentuk tanjakan . Kanan tebing , kiri jurang. Sebenarnya track Andong sangat cocok bagi pemula, tetapi tetap kewaspadaan dan kehati-hatian selalu menjadi perhatian utama. Tak elak selama pendakian terkadang aku sempat terboyong miring dengan beban dibelakang.

45 menit berlalu, tapi puncak itu masih belum tampak. Pepohonan rimbun terus menyapa sepanjang pendakian. Karena malam itu banyak pendaki yang datang dan takut tidak dapat tempat tenda yang viewnya bagus akhirnya bang gilang naik duluan .
salut buat bang gilang. (padahal badanya kueecil tapi jalanya kenceng banget bro)

Sekitar jam 20:30 kami semua sampai dipertigaan puncak. Jika ambil kiri menuju sebuah makam. Katanya bang izzun , makam tersebut sudah ada dari dari dulu .
makam di gunung andong.
Ternyata hujan mulai reda ,dan ,,,,,,sampai puncak brooo.

puncak gunung andong

Ternyata bang gilang sudah menyiapkan tenda sendirian ...
sekali lagi salut buat bang gilang .

Akhirnya peralatan tempur pun disiapkan .kompor-nesting-dan logistic segera diancang-ancang untuk sebuah hidangan makan malam.

waktunya makaaann .......

Setelah menikmati makan malam ,kami menikmati indahnya pemandangan sambil ditemani kopi dan musik ...

gunung merbabu dan merapi indah banget bro ...

Tepat jam 23:30 kamipun beristirahat .tiduuuur ..........

Jam 04:30 deringan khas alarm bang izzun lah yang membangunkan kami semua pagi ini. Berharap sambutan jingga itu segera merambah kawasan Andong dan sekitar. tp alam berkata lain ,ternyata full kabut bro ...

gunung sindoro dan sumbingpun bersembunyi di balik awan .

Sambil berharap kabut hilang kamipun menyiapkan sarapan dan ...
waktunya makaannn ...

Akhirnya jam 09:00 harapan kamipun dikabulkan ,kabut mulai hilang walaupun cuma sekitar 15 menit ...
Subhanaalllah ...
Terima kasih Tuhan ...
Keindahan sempurna itupun berhasil Kau persembahkan untuk kami semua di tanah ini.

kamipun sangat antusias untuk mengabadikan setiap moment terindah di pagi ini .

ifa

varida

ryan

Tidak terasa sudah jam 10:00 siang, kamipun prepare untuk pulang .

Selesai prepare kami berdoa untuk pulang ...
Dan goodbye andong. Terima kasih untuk sambutan yang luar biasa.
Semoga kita bisa ke tempat indah ini di lain waktu .

goodbye andong .
 Bismilllah … tapakan kaki turun kembali dimulai.

Karena hari itu kami semua libur kerja ,jadi kami tidak terburu2
Haaa haa … tidak ada ruang sedikitpun yang tidak berhasil masuk lensa camera .

Dan ...
Jam 12:00 kamipun kembali ke basecamp Andong. Dan langsung mengarahkan laju motor kembali ke kota jogja tercinta .

Jam 14:00 kami sampai jogja dg selamat .

Terima kasih Tuhan atas indahnya hidup ini.
Terima kasih telah mempertemukan
aku dengan sahabat-sahabat yang menjadi keluarga bagiku ...

Ok, sekian pengalaman saya tentang gunung andong.
Sampai jumpa di Trip selanjutnya...