Selasa, 21 April 2015

Candi Sambisari

Hai bro apa kabar ...
semoga selalu dalam keadaan sehat ,amin.
kali ini saya akan berbagi tempat wisata yang tidak jauh dari kota Yogyakarta yaitu Candi Sambisari
Candi yang terletak di Jl. Candi Sambisari, Desa Sambisari, Kec. Kalasan ini adalah salah satu candi Hindu (Siwa) yang ada di Yogyakarta dan candi ini sangat layak untuk di kunjungi ,walaupun tidak sebesar candi Prambanan atau dan Candi Plaosan tapi Candi Sambisari ini tidak kalah indah bro .
masih asri banget kan bro ...
Candi ini ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani di Desa Sambisari dan dipugar pada tahun 1986 oleh Dinas Purbakala.Nama desa ini kemudian diabadikan menjadi nama candi tersebut.
Posisi Candi Sambisari terletak 6,5 meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan besar karena tertimbun lahar dari gGunung Merapi yang meletus secara besar-besaran pada awal abad ke-11 (kemungkinan tahun 1006). Hal ini terlihat dari banyaknya batu material volkanik di sekitar candi.Dengan dikelilingi oleh pagar batu dengan ukuran 50 m x 48 m, kompleks ini mempunyai candi utama didampingi oleh tiga candi perwara (pendamping). Pada bagian luar dinding bangunan utama terdapat relung yang berisi patung Durga Mahisasuramardini (di sebelah utara), patung Ganhesa (sebelah timur), patung Agastya (sebelah selatan), dan di sebelah barat terdapat dua patung dewa penjaga pintu: Mahakala dan Nandiswara. Di dalam candi utama terdapat lingga dan yoni dengan ukuran cukup besar. Pada saat penggalian ditemukan berbagai benda lainnya di antaranya adalah beberapa tembika, perhiasan, cermin logam, serta prasasti .
Bangunan utama Candi Sambisari.
Patung Ganesha pada bagian timur.
Patung Durgha pada bagian utara.
Patung Agastya pada bagian selatan.
Yoni pada bagian dalam kuil utama
sekian dulu yah bro ,semoga bermanfaat .
sampai jumpa di coretan-coretan Bang Dua Pagi selanjutnya ...
Salam Lestari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar