Sabtu, 09 Mei 2015

Mitos dibalik keindahan Candi Prambanan

Kali ini saya akan berkunjung ke Kompleks Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara yaitu Candi Prambanan. Candi yang di tetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 1991 ini merupakan sebuah
kompleks Candi Hindu yang berletak 17km dari kota jogja. Tepatnya di desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masukkompleks Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.


Kompleks Candi Prambanan juga disebut memiliki seribu candi karena adanya cerita rakyat Roro Jonggrang, namun sebenarnya hanya ada sekitar 240 candi di kompleks tempat wisata ini.

Sesampainya di pintu masuk candi, saya berkeliling ke tempat wisata yang luasnya 39,8 hektar ini.
tapi sebelum masuk ke area candi kita disuruh memakai kain batik dulu bro .

Kalau mau masuk ke blok Candi Roro Jonggrang di wajibkan memakai helm loh bro ...
Pelataran kompleks ini ditanami banyak tumbuhan sehingga tampak seperti taman yang luas.
Berjalan sambil mengamati ukiran pada setiap candi benar-benar membuat saya kagum pada hasil karya besar ini.
Ukiran di candi-candi ini tampak mustahil dikerjakan oleh manusia pada saat teknologi belum berkembang di zaman dahulu. Pokoknya luar biasa banget deh bro. Pokoknya kalau main ke jogja tempat ini sangat layak menjadi bagian dari perjalanan wisata anda sekalian mas bro.








kenalin bro, abang gue! hahaha




Oiya bro, sedikit informasi disini ada mitos yang menyatakan bahwa jika berkunjung ke candi “Roro Jonggrang” ini akan “putus”.
bahkan ya bro, dulu temenku karena takut mutusin ceweknya (ceweknya anak RT. mungkin kalau mutusin, dia takut kalau bikin KTP dipersulit) dia membawa tuh cewek main ke tempat ini. Entah karena takdir atau emang kebetulan mereka akhirnya pustus mas bro ...hihihi serem!

Hal-hal yang mendasari mitos ini karena konon adanya hubungan kisah cinta antara Bandung Bondowoso dan Roro jonggrang. Singkat cerita, mbak Roro jonggrang ini meminta bukti cinta ke mas Bandung Bondowoso untuk dibuatkan 1000 candi dalam waktu semalam.
tuh kan,cewek kalau enggak tulus mesti mintanya yang aneh-aneh! Huft.
Ternyata karena dengan bantuan Jin dan Kolega, baru sekitar tengah malam mas Bandung Bondowoso ini sudah bisa membuat 999 candi. Karena takut syarat yang dimintanya berhasil dikabulkan mbak Roro jonggrang menumbuk padi sambil memukul-mukul lesung. Mungkin karena kaget atau apa gitu, Ayam jantanpun berkokok.
Karena disangka Matahari akan mulai terbit dari ufuk timur para Jin dan kolega akhirnya menghentikan pekerjaanya. Akhirnya mas Bandung Bondowoso gagal mendirikan seribu Candi. Karena Merasa ditipu, maka dengan hati yang galau,marah,berkecamuk pokoknya campur-campur. mas bandung bondowoso mengutuk pujaan hatinya itu menjadi Arca batu.
Sedih, Hatinya merasa dicabik-cabik itulah yang dirasakan mas Bandung bondowoso tapi mau bagaimana lagi basi sudah menjadi bubur. toh itu juga bukan mutlak kesalahanya.
Makanya misalnya gak  cinta bilang saja lah mbok saja. Jangan mempermainkan perasaan cowok kayagini, perasaan cowok kalau ssudah cinta rapuh banget loh mbak Roro!

Udah, itu masa lalu. Karena di zaman sekarang ini banyak yang kurang mempercayai hal tersebut karena muda-mudi saat ini sudah memiliki wawasan yang luas dan sudah sangat pintar untuk memilih mana yang dipercaya dan mana yang tidak untuk dipercaya.
tetanggaku saja yang berkali-kali kesana sekarang sudah nikah,malahan anaknya gemuk-gemuk. Walaupun Nikahnya dengan cewek lain sih. hehehe

Ok. Karena kami masih akan ke Candi Ratu Boko kami langsung bergegas ke tempat tersebut.
letaknya nggak jauh kok bro, hanya sekitar 2,2 km.
dulunya Istana Ratu Boko adalah bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra.





Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti di bukit yang penuh kedamaian) ini didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Berada di istana ini bisa merasakan kedamaian sekaligus melihat pemandangan kota Jogja dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi.
Pokoknya indah banget deh bro. Saranku sih misalnya mas bro sayang dengan seseorang dan berencana serius, ajak sidia ke tempat ini dan ungkapin perasaan tersebut disini. Dijamin sangat berkesan dan gak bakal dia lupain deh bro.

Sekian dulu ya bro, sampai jumpa di trip selanjutnya.
Semoga bermanfaat.































Tidak ada komentar:

Posting Komentar