Sabtu, 09 Mei 2015

Spot Mancing Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo adalah konservasi air yang terletak di Dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, tepatnya berada di hilir sungai Tambakboyo dan Buntung. Untuk mencapai lokasi tersebut, dari perempatan ring road UPN Veteran jogja masuk kearah utara sekitar 500meter, setelah ketemu Perumahan Mataram Bumi Putera masuk ke arah timur sedikit.


Waduk yang luasnya 7,8 hektar dan tampungan sekitar 400.000 m3 memiliki wilayah yang cukup luas, jadi para pemancing mania bisa mengaplikasikan berbagai teknik mancing.
disini terdapat banyak jenis ikan seperti Nila, Lele, Gurame, Wader, Bethik, kuthuk dan berbagai jenis ikan tawar lainya.tapi biasanya yang dipakai para mancing mania adalah teknik dasaran dengan menggunakan umpan cacing, dengan pelampung menggunakan pelet, dan juga menggunakan joran tegek dengan umpan lumut. Tergantung dari target ikan yang diinginkan. Biasanya bila ingin mendapatkan ikan nila yang besar, para mancing mania menggunakan teknik dasaran dengan umpan cacing, pelet maupun lumut. Dan ada juga menggunakan joran tegek biasanya dipakai untuk mendapatkan ikan nila yang lebih kecil menggunakan lumut.
Memancing ikan nila di waduk ini memilki beberapa keaneka ragaman teknik yang digunakan, salah satunya bermain di dasar dengan menggunakan cacing dan pelet, serta dengan umpan lumut. Cacing yang digunakan oleh para mancing mania di waduk ini adalah cacing unthel.
Ada salah satu keunikan dari pemancing yang memancing di waduk Tambak Boyo ini yaitu, rata-rata satu orang pemancing menggunakan joran pancing yang banyak 2 sampai 5 joran yang semuanya digunakan bersamaan. Dan juga komunikasi dan kekeluargaan para pemancing sangat akrab. Apalagi pada saat salah seorang pemancing mendapatkan ikan, maka dari segala penjuru pasti memperhatikannya dan berseru.






tapi sayang akhir-akhir ini banyak yang memakai teknik rawe dan ada juga yang memasang jaring. Padahal banyak komunitas mancing mania yang sering menebar benih ikan di kawasan ini, dengan maksud agar embung ini bisa jadi tempat yang nyaman untuk menyalurkan hobi memancing dan menjaga ekosistem yang ada di kawasan tersebut.

selain tempat untuk menyalurkan hobi memancing, tempat ini bisa juga untuk bersepeda santai dan jogging loh bro karena jalanya sudah berkonblok dan memiliki jarak yang cukup jauh.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar