Selasa, 13 Oktober 2015

7 PERALATAN YANG WAJIB DIBAWA SAAT MENDAKI DI MUSIM HUJAN


Dingin!
Satu kata ini cukup jelas menggambarkan kondisi pendakian di musim penghujan. Menghadapi beragam risiko pendakian di musim hujan bukanlah perkara mudah. Serangan hipotermia mungkin saja terjadi dalam kondisi hujan. Nah, untuk mengatasi masalah itu ada banyak perlengkapan yang perlu disiapkan. Berikut ketujuh peralatan yang wajib dibawa saat mendaki di musim penghujan.

>> Jas Hujan.

Jas hujan atau rain coat merupakan alat wajib yang harus dibawa. Gunakan rain coat yang fleksibel, ringan, dan tidak makan tempat. Pilih bentuk rain coat yang tidak menyulitkan gerak langkahmu.

>> Cover Bag.

Pakailah cover bag untuk menutupi ranselmu. Cover bag berfungsi mengurangi resiko basahnya bagian dalam ransel. Cover bag, tidak menjamin bagian dalam ranselmu tetap kering. Benda berbahan parasut ini hanya sebatas mengurangi resiko saja loh.

>> Trash Bag.

Trash bag alias kantong sampah juga sangat berguna ketika mendaki di musim hujan. Sebelum melakukan packing, masukan terlebih dahulu trash bag untuk melapisi isi trash bag berfungsi sebagai lapisan pelindung berikutnya selain cover bag. Siapkan pula trash bag cadangan jika trash bag utama mulai rusak dan bocor.

>> Kantong Plastik.

Setiap set pakaian masukan ke dalam bungkusan plastik masing-masing agar tidak basah. Sekalipun sudah dilapisi cover bag dan trash bag, tetap saja ada kemungkinan masuknya air ke dalam ransel. Jadi ini pertahanan terakhirmu. Ikat rapat-rapat setiap set pakaian. Ingat, jangan sampai ikatan itu justru malah menyulitkanmu saat membukanya. Plastik bening kiloan juga berguna untuk membungkus perangkat elektronik maupun dompet yang tidak boleh basah sama sekali. Siapkan pula plastik cadangannya yaa.

>> Korek Anti Air.

Gunakan korek anti air agar bisa tetap nyala ketika hendak digunakan dalam keadan basah. Jika tidak ada, siapkan korek gas. Jika saat digunakan tidak bisa menyela, teruslah gesek-gesek putaran korek hingga mengering. Dengan begitu, kamu bisa segera menyalahkan peralatan memasak.

>> Lap Kanebo.

Lap kanebo dibutuhkan untuk mengeringkan tenda. Kok mengeringkan tenda? Ya, pada saat membuka tenda di tengah hujan, kemungkinan besar air akan masuk ke dalam tenda. Jika sudah demikian, saatnya lap kanebo bekerja. Keringkan air yang menggenang di dalam tenda dengan lap kanebo ini.

>> Termos.

Pada saat diterjang hujan dan angin dingin, tubuh membutuhkan kehangatan yang cepat. Oleh karena itu bawalah termos yang berisi minuman panas. Isilah selalu termos di saat yang memungkinkan. Air panas dapat menghindari tubuh dari serangan hipotermia.

Nah, itulah tujuh peralatan yang patut disiapkan saat mendaki gunung di musim penghujan. Bagaimana pun juga, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Membawa peralatan secara lengkap dapat mengurangi resiko fatal dalam mendaki gunung di musim hujan. Selamat mendaki di musim hujan.

Note; Jika dirasa ada yang kurang, silakan ditambahin sesuai dengan pengalaman dan pengengetahuan masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar