Senin, 12 Oktober 2015

HAL YANG DILAKUKAN SAAT PENDAKIAN

Mendaki gunung adalah sebuah hobi sekaligus olahraga yang memerlukan Persiapan fisik yang matang, mental yang kuat dan perlengkapan yang cukup komplit dan berat untuk dibawa. Termasuk kesiapan pengetahuan dan manajemen perjalanan dan informasi tak lupa harus di miliki oleh seorang pendaki..

dalam melakuakn sebuah perjalan inilah ada baiknya ada beberapa hal yang memang harus dilakukan oleh seorang pendaki :

1. Melaporlah ke petugas pos pendakian dimana kita akan melakukan perjalanan. Detail mengenai berapa anggota perjalanan, lama perjalanan, dan rencana perjalanan, laporkan juga list barang yang kita bawa termasuk alat komunikasi. Hal ini berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan sehingga mereka dapat melakukan pencarian.

2. Biarkan rambu penunjuk arah atau yang lain tetap ditempatnya. Ikutilah aturan serta budaya setempat.dan hormati penduduk setempat. Karena disinilah kita hanya sebagai tamu dan merekalah yang akan menolong kita pertama kali apabila kita sangat membutuhkan pertolongan

3. Berjalanlah dengan langkah kecil dan stagnan, karena kita akan menghemat tenaga dan bisa mempertahankan keseimbangan tubuh dengan baik

4. Ikuti jalur yang sudah ada. Dan jangan coba membuat jalur sendiri kecuali karena anda memang dalam rangka ekspedisi pembuatan jalur.

5. Terapkan etika pendakian dalam diri dan kelompok anda dengan cara Jangan merusak atau mencorat-coret bebatuan serta pohon. Jangan buang sampah sembarangan. Sebaiknya bawa kembali sampai pintu masuk pendakian, dan buanglah di tempat pembuangan sampah.

6. Dirikan camp anda di tempat yang aman dari air dan angin.Jangan mendirikan tenda di dekat aliran sungai, danau, atau air terjun. Sehingga terhindar dari kemungkinan banjir,

7. Istirahatlah dengan cukup selama perjalanan dan gunakan selalu pakaian kering ketika anda di camp (pos) peristirahatan sehingga tetap menjaga tubuh anda tetap hangat. Hindari tidur drngan pakaian basah, dan selalu gunakan sepatu dalam perjalanan

8. Kalaupun harus membuat api unggun, gunakanlah batang atau ranting pohon yang telah rubuh dan mati. Kemudian, pastikan api benar-benar mati kala meninggalkan lokasi itu.

9. Bawalah semua turun kembali apapun yang kita bawa, kecuali kotoran kita yang memang kita tinggal diatas dan kita tanam didalam tanah.

Semoga bermanfaat.

Source; pendakijogja.wordpress.com/2013/03/08/hal-yang-semestinya-dilakukan-saat-melakukan-pendakian/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar