Senin, 12 Oktober 2015

TEKNIK SEAM SEALING

Membuat tenda menjadi waterproof (kembali).


Seringnya tenda dome kita kalau lama dipakai sudah gak waterproof lagi, bocor sana sini kalau hujan. Apalagi kalau dari pertama emang gak waterproof ya jelaslah tembus... hahaha... Bahan yang tdk tembus air ini biasa disebut silnylon karena merupakan kain nilon yang dilapisi silikon biar gak tembus air.
Ini adalah tips dari saya utk melakukan seamsealing disesuaikan dengan ketersediaan bahan di indonesia.

Bahan:
1. Lem kaca / lem silikon bening
2. M3
3. Kuas busa
4. Selotip (jika ingin rapi)
5. Wadah untuk mencampur.

Keterangan:
1. Lem kaca 35gr bisa untuk melapisi semua jahitan tenda dome ukuran 4 orang, itupun masih sisa. Tapi jika ingin melapisi seluruh permukaan tenda bisa beli tube yang agak besar (70 gr), atau kalau mau memperbaiki buanyak tenda sekalian beli yang 300 gr.
Harga 35gr = Rp 5rb-7rb, 70gr = Rp 10rb-14rb, 300gr = Rp 20rb-35rb. Bisa diperoleh di toko bangunan atau toko aquarium.

2. M3 merupakan alternatif dari odorless mineral spirits. Berhubung odorless mineral spirits sangat susah dicari di Indonesia, maka dipakai M3. M3 merupakan thinner yang biasa dipakai di industri sablon.
Harga 250ml sekitar Rp 9rb. Bisa diperoleh di toko bahan sablon.

3. Kuas busa sangat tidak populer di indonesia, makanya gak ada yang jual. Bikin saja dari busa yang dikasih pegangan kayu, atau langsung saja busanya dipegang pakai tangan.

4. Selotip hanya digunakan agar membentuk kerapian... mirip orang ngecat garis itu lah. jadi sebenarnya gak perlu-perlu amat.

Cara melakukan seam sealing:

1. Campur lem silikon dengan M3 dalam suatu wadah dengan perbandingan 1:5. tidak perlu tepat sekali bisa 1:3 sampai 1:10. campur sampai silikon benar-benar larut.

2. Tenda sebaiknya dipasang pada framenya agar mudah dan hasilnya bagus. Jika ingin melakukan seeam seal di bagian dalam pada tenda double layer, maka masangya flysheet posisinya dibalik dalam ditaruh luar biar bisa dikerjakan.

3. Tempelkan selotip di kanan kiri jahitan agar larutan tidak meleber sehingga hasil menjadi rapih. opsional saja jika ingin rapih.

4. Tuaskan larutan dengan kuas busa pada jahitan tersebut sampai merata.

5. Jika ingin seluruh tenda dilapisi waterproofing maka ratakan larutan tipis saja mengkover semua bagian. Kuaskan dengan sapuan panjang dengan ditekan menggunakan jari agar larutan dapat meresap ke dalam kain dengan sempurna.

6. Akan mengering dalam beberapa puluh menit, dan biasanya dalam 24 jam sudah kering sempurna.

7. Jika perlu diulangi terutama pada bagian yang dekat dengan tali.

8. Sebelum dipakai di lapangan cobalah dulu dengan disemprotkan air dari selang untuk memastikan waterproofnya. jika masih ada yang bocor bisa diaplikasi lagi setelah kering.

9. Selamat, anda sudah punya lagi tenda waterproof.

Dengan cara ini hasilnya lebih bagus daripada seamsealer pabrikan (biasanya impor). Jadi hanya dengan duit tak sampai 20rb, kamu bisa menghasilkan seam seal yang lebih bagus daripada seam sealer impor yang mahal itu (harga 1oz di ebay sktr $7). Hasilnya bisa lebih baik daripada dibawa ke tukang. The best part is cara ini bisa digunakan pada tenda murahan yang tembus air agar bisa waterproof. Tenda saya ini (eiger lungern) merupakan versi lawas dan murahan. seam sealnya menggunakan tape - yang sekarang sudah lepas semua. permukaannya pun tidak begitu waterproof, sejak pertama dulu kalau hujan ya airnya agak masuk. Tapi dengan cara ini sekarang sudah tidak bochor... hehehe. Bisa juga diaplikasikan pada rain jacket atau rain cover yang sudah tembus ataupun sepatu agar jadi waterproof.

Source; facebook.com/groups/pendakigunungindonesia/permalink/858720977498800/

===================================================

Disclaimer;

- Silakan ditambahin sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan masing-masing. Pengalaman dan pengetahuan yang Anda bagikan akan sangat bermanfaat bagi sesama penggiat alam bebas.

- Artikel ini kami muat dengan tujuan sebagai pengingat, tanpa ada maksud untuk menggurui pendaki senior/pendaki muka lama/pendaki tua atau pendaki yang sudah mengetahuinya terlebih dahulu.

- Bila berkenan silakan dibagikan. Jangan pelit, dibagikan juga ke group yang Anda ikuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar